Jumat 05 Jun 2015 14:33 WIB
Wabah MERS

Wali Kota Seoul Nyatakan Perang terhadap MERS

Rep: c36/ Red: Ani Nursalikah
Turis Cina mengenakan masker agar terhindar dari penyakit MERS di Istana Gyeongbok di Seoul, Korea.
Foto: Reuters
Turis Cina mengenakan masker agar terhindar dari penyakit MERS di Istana Gyeongbok di Seoul, Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Wali Kota Seoul Park Won Soon  menyatakan perang melawan virus MERS. Pihaknya akan mengambil tindakan cepat dan tegas untuk mengatasi persebaran sindrom pernafasan asal Timur Tengah tersebut.

"Mulai sekarang, Kota Seoul menyatakan mulai memerangi MERS.  Kami akan mengambil langkah-langkah cepat dan tegas untuk melindungi kehidupan dan keselamatan warga negara kita," ujar Park, dikutip dari The West Australian, Jumat (5/6).

Park juga mengkritik pemerintah yang tidak membagikan informasi terkait penanganan dokter dalam mengatasi MERS di Korea Selatan. 

Menteri Kesehatan Korea Selatan, Moon Hyong-Pyo menolak kritik Park. Menurut dia, pernyataan Wali Kota Park dapat memicu ketidakpercayaan dan kesalahpahaman publik.

Dia juga meminta maaf atas kegelisahan masyarakat yang disebabkan  persebaran wabah MERS di Korea Selatan.  Moon juga menyatakan penanganan kasus MERS sengaja dilakukan secara hati-hati untuk menghindari kepanikan publik.

Akibat wabah MERS, sebanyak 1.000 instansi pendidikan dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi di Korea Selatan ditutup sementara. Layanan telepon resmi milik pemerintah juga menerima ribuan panggilan dalam sehari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement