Senin 08 Jun 2015 17:56 WIB

Berselisih, Militer Cina Kunjungi Amerika

Rep: C93/ Red: Angga Indrawan
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ash Carter
Foto: bbc.co.uk
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ash Carter

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kementerian Pertahanan Cina mengatakan, salah seorang Perwira Tinggi Militernya melakukan kunjungan resmi ke Amerika Serikat, Senin (8/6). Kunjungan tersebut dilakukan di tengah ketegangan antara kedua negara yang disebabkan sengketa Laut Cina Selatan dan cyber security.

Wakil Kepala Komisi Militer Pusat Cina, Fan Changlong mengunjungi Menteri Pertahanan AS, Ash Carter. Setelah itu, Fan Changlong juga berencana mengunjungi Kuba.

Dilansir Reuters, Senin (8/6), pertemuan kedua negara raksasa di bidang perekonomian tersebut dalam rangka mencoba untuk mengembangkan hubungan militer.  Menurutnya, cara tersebut dirasa efektif untuk menghindari ketegangan politik antarakedua negara.

Pekan lalu, hacker yang diduga berasal dari Cina meretas ke komputer pemerintah AS. Diduga, hacker tersebut berhasil meretas data pribadi dari 4 juta pegawai dan mantan pegawai federal Amerika Serikat. Pemerintah Cina pun marah dan membantah telah melakukan peretasan tersebut.

Tak hanya itu, Cina dan Amerika Serikat juga berselisih atas sengketa Laut Cina Selatan. Sekitar 90 persen dari wilayah tersebut diklaim oleh Cina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement