Selasa 09 Jun 2015 13:34 WIB

Mesir Panggil Dubes AS, kenapa?

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Winda Destiana Putri
Ikhwanul Muslimin
Ikhwanul Muslimin

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pemerintah Mesir memanggil Duta Besar AS di Mesir untuk menunjukan kekecewaan karena tokoh Ikhwanul Muslimin datang ke Washington untuk menghadiri konferensi khusus, Selasa (8/6).

Seorang sumber yang menolak mempublikasikan identitas tidak menyebut kapan Dubes Stephen Beecroft dipanggil. Namun dalam pertemuan tersebut, pemerintah Mesir menunjukan ketidaksenangannya ketika AS berurusan dengan IM.

Sumber tersebut mengatakan sebenarnya pejabat AS tidak berniat bertemu tokoh IM. Namun ia membenarkan bahwa terjadi pertemuan di Washington pada Januari.

Juru bicara kementerian luar negeri AS, Jeff Rathke menolak berkomentar terkait pemanggilan Beecroft dan pertemuan dengan IM. "Tidak ada pertemuan yang harus diumumkan," kata Rathke dilansir Reuters.

Ia hanya menegaskan bahwa AS akan melanjutkan kebijakannya untuk berhubungan dengan segala spektrum politik di Mesir. IM dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh pengadilan Mesir pada 2013 pasca Presiden Mohamed Morsi digulingkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement