Kamis 11 Jun 2015 16:15 WIB

Warga AS Tewas Saat Perangi ISIS di Suriah

Rep: c88/ Red: Ani Nursalikah
Warga AS, Keith Thomas Broomfield yang tewas dalam perkelahian di Suriah.
Foto: ib times
Warga AS, Keith Thomas Broomfield yang tewas dalam perkelahian di Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Seorang warga AS dilaporkan tewas dalam perkelahian yang melibatkan pasukan Kurdi di Suriah. Pria yang diidentifikasi bernama Keith Thomas Broomfield adalah warga Massachusetts.

Meninggalnya pria berusia 36 tahun itu telah dikonfirmasi oleh Departemen Dalam Negeri AS. Dilansir dari ABC News pada Rabu (10/6), berita kematian Keith disebarluaskan melalui akun sosial media pasukan Kurdi.

Perkelahian ini juga melibatkan para militan ISIS. Kematian Keith menambah panjang daftar warga AS yang meninggal karena ikut bergabung dengan pasukan yang memberantas ISIS.

Padahal, pemerintah AS sebelumnya telah memperingatkan warganya untuk tidak bergabung dengan pasukan manapun yang mengatasnamakan pemberantas ISIS. Menurut keterangan pers pemerintah AS, negara menyediakan pendampingan konsuler sebagai bentuk penghormatan privasi kepada keluarga Keith.

Berdasarkan keterangan akun Twitter pasukan Kurdi, Keith tewas dalam perkelahian di pinggiran kota Kobani bagian utara. Akun Twitter yang dikenal dengan nama YPG itu mengunggah foto-foto kematian Keith.

Dalam foto tersebut Keith telihat mengenakan seragam militer YPG. ISIS juga memposting foto paspor Keith, menunjukkan mereka mengambil paspor itu setelah Keith terbunuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement