Kamis 11 Jun 2015 20:01 WIB

Presiden Xi Terima Kunjungan Kehormatan Suu Kyi

Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi saat tiba di bandara di Beijing untuk pertama kalinya, Rabu (10/6).
Foto: the guardian
Pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi saat tiba di bandara di Beijing untuk pertama kalinya, Rabu (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping yang juga Sekjen Partai Komunis Cina menerima kunjungan kehormatan pimpinan partai oposisi Myanmar Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis petang (11/6).

Keduanya mengadakan pertemuan tertutup. Kehadiran Suu Kyi di Cina hingga Ahad (14/6) atas undangan Partai Komunis Cina. Kunjungan tersebut merupakan lawatan pertama Suu Kyi ke Negeri Panda itu.

Cina adalah pendukung utama junta militer Myanmar ketika negeri itu mendapat sanksi dari Barat. Cina menyediakan dukungan internasional yang diperlukan untuk menghadapi rezim keras yang mengurung Suu Kyi sebagai tahanan rumah.

Kini, perempuan yang berusia 69 tahun itu mengunjungi Cina dalam dua status sebagai perempuan merdeka dan sebagai politikus, menjelang pemilu pada November.

Sejak reformasi pada 2011, Presiden Myanmar Thein Sein merangkul masyarakat internasional setelah pencabutan sanksi dan mencapai Amerika Serikat setelah berteman dengan negara-negara di Asia Tenggara.

sumber : antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement