Kamis 11 Jun 2015 20:01 WIB

Surat-Surat Einstein Segera Dilelang

rangkaian surat yang ditulis oleh Albert Einstein akan dilelang mulai Kamis (11/6)

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Albert Einstein dan teori relativitas
Foto: guardian
Albert Einstein dan teori relativitas

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Rangkaian surat yang ditulis oleh Albert Einstein akan dilelang mulai Kamis (11/6). Surat-surat tersebut diperkirakan terjual seharga lebih dari satu juta dolar AS.

Salah satu surat yang akan dilelang adalah surat yang berisi pandangannya tentang Tuhan. Selain itu, surat tentang bom atom, kedewasaan dan bagaimana McCarthyism beresiko jadi versi Amerikanya Adolf Hitler.

Surat-surat ini merupakan koleksi terbanyak yang akan dilepas di bawah ketukan palu. Ada juga suratnya untuk sang anak, Hans Albert Einstein dan Eduard Einstein, juga mantan istrinya Mileva Maric.

"Kami telah mengumpulkan serangkaian tulisan tangan pribadi Einstein yang sangat megah dan mendalam terkait sejumlah besar materi," kata Kepala eksekutif rumah lelang Los Angeles, Profiles in History, Joseph Maddalena, dikutip Telegraph.

Menurutnya, surat-surat tersebut menggambarkan pribadi dalamnya. "Koleksi ini menggambarkan kehidupan sang fisikawan," kata dia.

Bismillah.. Saya niatkan klik "Khazanah Ramadhan 2015" demi mengharap ridha Allah SWT.

Salah satu diantaranya adalah surat pada anaknya di tahun 1923 yang menyatakan bahwa anti-semitis di Jerman telah berkembang dan ia mempertimbangkan untuk meninggalkannya secara permanen.

Dalam surat lain pada 1949, ia mengatakan dirinya agnotik dan mengungkapkan pandangan tentang keberadaan Tuhan.

"Saya berulang kali mengatakan bahwa menurut saya, pertanyaan tentang Tuhan adalah salah satu pertanyaan anak kecil. Saya lebih suka bersikap rendah hati sesuai dengan kelemahan pemahaman intelektual kita tentang alam dan keberadaan kita sendiri," kata Einstein.

Serangkaian surat ini bukan yang pertama yang dilelang. Pada 2012, salah satu surat Einstein yang disebut 'Surat Tuhan' berisi diskusi tentang agama terjual seharga tiga juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement