Jumat 12 Jun 2015 13:05 WIB
Wabah MERS

Dua RS di Seoul Ditutup karena MERS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
 Wisatawan mengenakan masker untuk mengantisipasi wabah MERS di kota Seoul, Korea Selatan.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Wisatawan mengenakan masker untuk mengantisipasi wabah MERS di kota Seoul, Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Selatan menutup dua rumah sakit karena wabah MERS, Jumat (12/6). Dua rumah sakit tersebut merupakan tempat beberapa pasien infeksi dirawat dan beberapa lainnya yang telah tewas.

Penyebaran di fasilitas kesehatan menjadi alasan penutupan dua rumah sakit yang tidak disebut namanya ini. Sekitar 133 orang di karantina di dalamnya, termasuk pasien dan staf.

Kedua rumah sakit ini akan ditutup selama sedikitnya 11 hari, mengikuti masa inkubasi virus. ''Tidak ada pasien yang bisa keluar ruangannya,'' kata pejabat pemerintah kota Seoul, yang tidak ingin disebut identitas.

Menurutnya, perawat wajib memakai perlengkapan perlindungan. Mereka juga tidak diizinkan keluar rumah sakit. Perawat-perawat tersebut bekerja seperti biasa, merawat pasien di dalam.

Kementrian kesehatan mengumumkan jumlah kasus mengalami penurunan dalam 11 hari terakhir, Jumat. Hal ini meningkatkan harapan bahwa wabah segera berakhir.

Ahli penyakit infeksi, Jacob Lee mengatakan masa inkubasi bagi sebagian orang yang terinfeksi telah berakhir. Artinya, kasus baru mengalami penurunan. Meski demikian ia tetap waspada.

''Mungkin akan ada gelombang ketiga dari beberapa rumah sakit yang merawat pasien MERS, namun itu tidak akan menyebar banyak,'' kata Lee. Hingga saat ini, MERS telah menginfeksi 126 orang dan menewaskan 11 orang di Korea Selatan.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement