Jumat 12 Jun 2015 15:33 WIB

30 Sekolah Ditutup karena Wabah Tipus

Anak-anak Zambia
Foto: www.unicefusa.org
Anak-anak Zambia

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAKA -- Sebanyak 30 sekolah di Ibu Kota Zambia, Lusaka, telah ditutup akibat kondisi tidak sehat setelah wabah tipus menyebar di kota tersebut, Kamis (11/6).

Manager Hubungan Masyarakat bagi Dewan Kota Lusaka Mulunda Habenzu mengatakan semua sekolah itu, termasuk sekolah negeri dan swasta, berada di Kanyama, daerah kumuh yang berpenduduk padat di bagian barat. Di kota ini tipus yang menular melalui air itu telah menyebar.

Sejauh ini, anak perempuan yang berusia 11 tahun di salah satu sekolah tersebut telah meninggal, diduga akibat tipus. Sedangkan dua orang lagi telah diperiksa positif terserang penyakit itu.

Kementerian Kesehatan Zambia menyatakan telah meningkatkan upaya untuk mencegah penyakit menyebar ke bagian lain kota tersebut. Wakil Menteri Kesehatan Chitalu Chilufya mengatakan 36 kasus dicatat di Kanyama. Tapi menyatakan situasi telah dapat dikendalikan.

"Tak ada peningkatan kasus tipus dari 36 kasus awal yang kami bicarakan di kota praja dan kami takkan kendur dalam upaya menjamin penyakit itu dapat dihapuskan selamanya," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement