Sabtu 13 Jun 2015 16:34 WIB

Bocah 17 Tahun Ini Berhasil Menemukan Planet Baru

Tom Wagg, 'astronom' muda yang menemukan planet baru berjarak seribu cahaya dari bumi.
Foto: The independent
Tom Wagg, 'astronom' muda yang menemukan planet baru berjarak seribu cahaya dari bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Seorang remaja berusia 15 tahun menemukan planet baru yang berjarak seribu tahun cahaya dari bumi. Tom Wagg, seorang siswa SMA di Newcastle telah memiliki pengalaman bekerja dan melakukan pengamatan di Keele University. Dia adalah orang termuda yang membuat penemuan ini.

Dilansir dari laman The Independent, Wagg berada di di Keele University di Staffordshire untuk mempelajari data-data mengenai bintang yang ada di galaksi Bima Sakti. Saat sedang mengamati bintang-bintang, dia melihat ada kerlip bintang kecil dari planet lain yang tiba-tiba terlintas. Setelah menghabiskan waktu selama dua tahun untuk melakukan verifikasi temuan ini, pihak kampus mengkonfirmasi temuan tersebut dan mengamini planet tersbeut memang berjarak seribu tahun cahaya dari bumi.

Sekarang, planet tersebut diberi katalog WASP-142b (Wide Angle Search for Planet). Tom yang saat ini berusia 17 tahun mengaku begitu terkesan dengan temuan ini. Dia mengaku selalu tertarik pada ilmu pengetahuan dan berinisiatif untuk bekerja di Keele University yang memiliki kelompok penelitian mempelajari planet-planet.

Pemimpin proyek WASP di Keele University, Professor Coel Hellier mengatakan bukan hal yang sulit untuk melatih Wagg. Pasalnya, anak muda tersebut sudah menunjukkan ketertarikan yang sangat tinggi terhadap dunia astronomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement