Selasa 16 Jun 2015 23:02 WIB

Makin Banyak Imigran Asal Bhutan yang Mampu Beli Rumah di Adelaide

Sejumlah pengungsi asal Bhutan, seperti Kamal Dahal dan Laxmi Dahal, membeli rumah mereka lewat perusahaan HomeStart.
Foto: Sejumlah pengungsi asal Bhutan, seperti Kamal Dahal dan Laxmi Dahal, membeli rumah mereka lewat perusahaan HomeStart.
Sejumlah pengungsi asal Bhutan, seperti Kamal Dahal dan Laxmi Dahal, membeli rumah mereka lewat perusahaan HomeStart.

REPUBLIKA.CO.ID, ADELAIDE -- Ketua Asosiasi Warga Bhutan di Australia Selatan, Kamal Dahal, juga menghabiskan hampir dua dekade di sebuah kamp pengungsi dan tahu betapa pentingnya stabilitas rumah jangka panjang.

"Tinggal di sebuah kamp pengungsi selama 20 tahun adalah hal yang menyedihkan. Ada banyak pasang surut di sebuah kamp pengungsi, dan bermigrasi ke Australia bukanlah tugas yang mudah," katanya.

"Tapi setelah kami dipindahkan ke Adelaide, kami memulai kehidupan baru di mana semua masyarakat Bhutan bangga untuk menganggap Australia sebagai rumah mereka,” ceritanya.

Ia lalu menyebut, "Sebelum kami tinggal di kamp pengungsi di Bhutan, kami memiliki properti. Di masa lalu kami memiliki sesuatu, rumah kami, lahan pertanian kami, ternak kami, jadi tak ada yang bisa dilakukan di kamp pengungsi."

Kamal mengatakan, ia tidak khawatir tentang kemampuan anggotanya untuk membayar cicilan dan percaya bahwa jumlah keluarga Bhutan yang bisa membeli rumah akan terus tumbuh.

"Saya tak cukup khawatir tentang pembayarannya karena sebagian besar anggota hidup bersama-sama ... mereka bisa saling membantu sedikit demi sedikit, seperti semua anggota keluarga berkumpul bersama-sama dan membayar cicilan," kemukanya.

Ia mengutarakan, "Sekarang kami memiliki 169 keluarga yang telah mendapat pinjaman dari HomeStart. Dalam waktu beberapa tahun, Saya pikir itu akan menjadi dua kali lipat."

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-06-16/makin-banyak-imigran-asal-bhutan-yang-mampu-beli-rumah-di-adelaide/1459282
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement