Rabu 17 Jun 2015 12:12 WIB

Merkel Harap Pertemuan Grup Euro Akhiri Kebuntuan Yunani

Bank Sentral Yunani.
Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis
Bank Sentral Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan ia sedang mengharapkan pertemuan para menteri keuangan kawasan euro pada Kamis (18/6) untuk menyelesaikan kebuntuan masalah utang Yunani.

Ia membuat pernyataan pada konferensi pers setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel di Berlin, Selasa (16/6). Merkel menegaskan ia akan melakukan segala kemungkinan untuk menjaga Yunani tetap di zona euro.

"Jika memungkinkan, tiga lembaga (IMF, ECB dan Komisi Eropa) harus mencoba mencapai kesepakatan dengan Yunani atas pemenuhan persyaratan," kata Merkel.

Ia menambahkan proposal bersama dalam hal ini menjadi dasar bagi perundingan Kamis pada tingkat menteri keuangan Grup Euro.

"Saya mengkonsentrasikan semua energi saya untuk membantu tiga lembaga menemukan sebuah solusi, sebuah proposal," katanya kepada wartawan.

Selama perundingan putaran baru yang diadakan di Brussel pada Ahad (14/6), para kreditor internasional dan Yunani gagal menjembatani kesenjangan antara rencana reformasi Yunani dan persyaratan pemberi pinjaman. Dalam pertemuan yang secara luas dilihat sebagai kesempatan terakhir Yunani untuk menghindari gagal bayar atau default, 19 negara Grup Euro akan berupaya mencapai kesepakatan sebelum dana talangan Uni Eropa untuk Yunani berakhir pada akhir Juni.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement