Jumat 26 Jun 2015 04:48 WIB

Pesawat tak Berawak Tewaskan Militan Alqaidah

Rep: C39/ Red: Julkifli Marbun
Drone atau pesawat tanpa awak
Drone atau pesawat tanpa awak

REPUBLIKA.CO.ID, YAMAN -- Sebuah serangan pesawat tidak berawak telah menewaskan empat tersangka militan Alqaidah di Yaman tenggara, kelompok garis depan dalam perang Amerika Serikat (AS) di jaringan jihad. Hal tersebut dikatakan seorang pejabat di provinsi setempat pada Kamis (25/6).

Serangan pesawat yang tidak berawak tersebut terjadi pada Rabu (24/6) dengan menabrak mobil di sebuah kamp militer Alqaidah di Mukalla, ibukota provinsi Hadramaut. Menurut pejabat yang tidak mau disebutkan namanya tersebut, salah satu di antara militan yang tewas dalam serangan itu adalah pemimpin lokal Alqaidah.

“Sebuah kendaraan Alqaidah yang kedua, juga menjadi target serangan pesawat yang tak berawak tersebut pada Rabu malam di kota Ghil Bawazir yang masih dalam Provinsi yang sama, tapi tidak ada kata korban,” kata pejabat itu sebagaimana dilansir Alarabiya, Jum'at(26/6).

Washington, secara berulang kali telah menyerang milisi Alqaidah di Semenanjung Arab dengan pesawat yang tidak berawak di Yaman. Sebuah Jaringan Al Qaida di Yaman, Al Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) membenarkan pada awal bulan ini pemimpinnya Nasir al-Wuhayshi, orang nomor dua di organisasi jihad global, telah tewas dalam salah satu serangan tersebut.

Sementara itu, di selatan medan pertempuran itu, tepatnya di salah satu kota lain di Yaman,  kota Aden, menurut sumber medis empat warga sipil tewas dan puluhan orang mengalami luk-luka karena tembakan mortir milisi Houthi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement