Jumat 26 Jun 2015 13:15 WIB

Selandia Baru Siap Bantu Negara Pasifik Tangani Bencana Alam

Pohon-pohon tumbang usai Topan Pam menerjang Vanuatu di Pasifik, Jumat (13/3)
Foto: AP
Pohon-pohon tumbang usai Topan Pam menerjang Vanuatu di Pasifik, Jumat (13/3)

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully mengatakan siap berkomitmen membantu tetangga Pasifiknya menangani bencana alam, Jumat (26/6).

Selandia Baru sedang bersiap menjadi tuan rumah World Humanitarian Summit Pacific.

"Pertemuan puncak yang dituan rumahi Selandia Baru, Australia dan Kantor PBB bagi Koordinasi Urusan Kemanusiaan akan dipusatkan pada penanganan tantangan kemanusiaan yang paling mendesak yang dihadapi Pasifik," kata McCully di dalam satu pernyataan.

Dia menambahkan Pasifik adalah salah satu wilayah paling rentan di dunia dan kami bekerja sama dengan pemerintah dan mitra regional untuk membantu negara Pasifik agar lebih siap dan bisa menanggapi bencana alam.

Di antara pemimpin yang menghadiri pertemuan puncak tersebut adalah Presiden Kiribati Anote Tong, Perdana Menteri Tuvalu Enele Sopoaga, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, Administratur Program Pembangunan PBB Helen Clark, Wakil Sekretaris Jenderal PBB bagi Urusan Kemanusiaan Stephen O'Brien dan wakil senior dari lembaga kemanusiaan dan negara lain Pasifik.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement