Selasa 30 Jun 2015 14:02 WIB

Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Korut

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Kapal Korea Selatan kerap berselisih dengan kapal Korea Utara.
Foto: EPA
Kapal Korea Selatan kerap berselisih dengan kapal Korea Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kapal Angkatan Laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan, setelah kapal patroli Korea Utara melintasi perbatasan laut yang disengketakan di Laut Kuning.

Al Jazeera melaporkan pada Selasa (30/6), sebuah kapal angkatan laut Korsel melepaskan tembakan peringatan untuk mengusir keluar kapal patroli Korut yang melintasi perbatasan laut. Kementerian pertahanan Korsel mengatakan serangan pada Selasa pagi, datang di tengah ketegangan militer di seluruh batas maritim.

"Kapal Korut berlayar ke sisi selatan perbatasan tetapi mundur setelah kapal angkatan laut kami melepaskan tembakan peringatan," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel.

Tidak jelas apakah serangan itu disengaja atau tidak. Kapal patroli Korut terkadang berlayar ke perairan selatan untuk melacak kapal Cina yang memancing secara ilegal di dekat perbatasan.

Ketegangan di lintas perbatasan kedua Korea masih tinggi tahun ini. Terutama setelah serangkaian uji coba rudal balistik Korut, ancaman nuklir, dan latihan militer tahunan Amerika Serikat dan Korsel. Korut melihat latihan sebagai latihan untuk invasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement