Kamis 02 Jul 2015 12:25 WIB

Kerusuhan Penjara Rugikan Australia 7,7 Juta Dolar

Polisi Australia bersenjata lengkap membubarkan kerusuhan di penjara Victoria, Australia, Rabu (1/7).
Foto: EPA
Polisi Australia bersenjata lengkap membubarkan kerusuhan di penjara Victoria, Australia, Rabu (1/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Kerusuhan sebuah penjara di Melbourne, yang melukai delapan orang, diperkirakan menimbulkan kerugian lebih dari 7,7 juta dolar AS.

Protes itu menentang peraturan baru yang melarang orang merokok di dalam penjara Victoria. Protes berubah jadi kerusuhan dan digambarkan sebagai penyebab kerugian terbesar akibat kerusuhan penjara di Australia.

Kerugian bernilai jutaan dolar itu akan menyedot dana dari anggaran negara bagian tahun ini. Pembentukan tim penyelidik independen mengenai kerusuhan tersebut juga akan merugikan masyarakat.

Mantan wakil komisaris polisi Kieran Walshe telah diminta memimpin satuan tugas itu. Tim akan menentukan penyebab sesungguhnya kerusuhan dan akan mencari para pelakunya.

Menteri Polisi Wade Noonan, Kamis (2/6), mengatakan temuan tim penyelidik itu akan dikeluarkan pada November dan akan disiarkan kepada masyarakat, kecuali temuan tersebut membahayakan keamanan penjara.

Satu sumber penjara mengatakan kepada News Corp pada Kamis kerusakan yang dialami penjara itu besar dan aksi tersebut direncanakan dengan baik.

"Semuanya di dalam penjara hancur, termasuk fail penjara yang berusia lebih dari 20 tahun," kata sumber itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement