Jumat 03 Jul 2015 01:08 WIB
Perkawinan Sejenis Disahkan

Dukung Pernikahan LGBT, Artis Iran Di-bully Netizen

Rep: Sri Handayani/ Red: Ilham
Bahram Radan
Foto: Youtube.com
Bahram Radan

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Seorang actor terkenal di Iran, Bahram Radan menciptakan kontroversi dengan menyatakan dukungan terhadap keputusan bersejarah Mahkamah Agus Amerika Serikat (AS) untuk mensahkan pernikahan sesama jenis. Pria yang dikenal sebagai Brad Pitt-nya Iran ini akhirnya meminta maaf pada Kamis (2/7), setelah mendapatkan reaksi keras dari netizen dan media garis keras.

“Apa yang saya tulis di internet mengenai putusan Mahkamah Agung AS tentang pernikahan LGBT adalah sebuah kesalahan dan tidak mencerminkan martabat rakyat Iran. Saya minta maaf,” tulis Radan di surat kabar Keyhan, ditujukan kepada editor Hossein Shariatmadari.

Seperti dilansir Guardian, akhir pekan ini, Radan diketahui menuliskan cuitan mendukung putusan Mahkamah Agung AS untuk mensahkan pernikahan LGBT. Keputusan ini dinilai bersejarah sejak akhir masa perbudakan, dari masa kepemimpinan Lincoln hingga Obama.

Cuitan tersebut menjadi viral hanya dalam beberapa jam setelah banyak netizen memprotes tindakan ini. Radan pun menghapus tweet tersebut. Tak hanya sampai di situ, surat kabar Keyhan juga menyerukan agar Radan dimasukkan pada daftar hitam. Ia juga dikabarkan telah dipanggil oleh kementrian kebudayaan dan bimbingan Islam untuk ditanyai perihal hal tersebut.

Keyhan merupakan surat kabar kepercayaan pemerintah Iran. Pemimpin media ini ditunjuk langsung oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Koran ini menerbitkan permintaan maaf Radan pada Kamis (2/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement