Jumat 03 Jul 2015 10:07 WIB

Bentrokan dan Serangan Udara Tewaskan 72 Orang di Irak

Pesawat tempur AS melancarkan serangan udara menggempur ISIS.
Foto: EPA/Mazen Mahdi
Pesawat tempur AS melancarkan serangan udara menggempur ISIS.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Sebanyak 72 orang tewas pada Kamis (2/6) dalam bentrokan dan serangan udara oleh koalisi pimpinan AS dan pesawat Irak dengan sasaran gerilyawan ISIS di Provinsi Salahudin dan Anbar.

Di Provinsi Salahudin, seorang pembom mobil bunuh diri menyerang pasukan keamanan di daerah Al-Fatha di sebelah utara Kota Kecil Baiji, sekitar 200 kilometer di sebelah utara Baghdad. Tujuh prajurit dan anggota milisi sekutunya tewas serta 10 orang lagi cedera.

Sementara itu, bentrokan sporadis berlanjut antara anggota ISIS dan pasukan keamanan yang didukung oleh anggota milisi yang dikenal dengan nama Hashd Shaabi, Gerakan Rakyat, di bagian timur laut dan barat laut Kota Kecil Baiji.

Pasukan keamanan dan anggota milisi sekutunya, yang dilindungi oleh pesawat Irak dan internasional, Selasa (30/6), membersihkan sebagian besar kota kecil tersebut, setelah berhari-hari bentrokan sengit dengan gerilyawan fanatik.

Pertempuran di Baiji terjadi saat bentrokan sengit berlanjut di kilang minyak terbesar di Irak saat pasukan keamanan berusaha mengusir anggota ISIS Jakarta, Jumat pagi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement