Jumat 10 Jul 2015 20:38 WIB

Gempa 6 Skala Richter Guncang Kepulauan Solomon

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Kepulauan Solomon
Kepulauan Solomon

REPUBLIKA.CO.ID, SOLOMON -- Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter telah mengguncang lepas pantai Pasifik Kepulauan Solomon pada Jumat (10/07). Gempa ini terjadi sekitar 165 kilometer sebelah barat dari ibukota Honiara.

"Gempa terjadi selama 10 detik," kata pejabat Kantor Penanganan Bencana Nasional Solomon, Steve Nasiu seperti dilansir dari The Independent.

Belum ada laporan kerusakan atau cedera yang diakibatkan. Sementara itu Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami akibat gempa tersebut.

Kepulauan Solomon merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, sebuah zona aktivitas tektonis yang dikenal sering mengalami gempa dan erupsi gunung berapi. Pada tahun 2007, gempa bumi besar di Kepulauan Solomon menyebabkan tsunami besar. Seribu rumah hancur dan sedikitnya 52 orang tewas.

Kepulauan Solomon adalah negara pulau kecil yang terletak di sebelah timur Papua Nugini. Negara ini memiliki penduduk sekitar 600 ribu jiwa. Bank Dunia mendaftarkan negara ini sebagai salah satu negara termiskin di Pasifik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement