Selasa 14 Jul 2015 11:02 WIB

Lima Planet Seukuran Bumi Ditemukan, Tempat Hidup Alien?

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ilham
  'Kepler-444’ memiliki 5 planet seukuran Bumi yang mengorbit dalam lintasan yang padat.
Foto: Tiago Campante/Peter Devine
'Kepler-444’ memiliki 5 planet seukuran Bumi yang mengorbit dalam lintasan yang padat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah sistem tata surya dengan lima planet seukuran bumi telah ditemukan. Sistem tata surya yang sangat kuno tersebut ditemukan saat waktu subuh, Selasa (14/7).

Dilansir dari Dailymail, para ahli mengatakan, penemuan ini dapat dijadikan acuan untuk menemukan kehidupan di planet yang jauh lebih tua. Sistem bintang induknya bernama Kepler-444 yang jaraknya 117 tahun cahaya dari bumi dan berusia 11,2 miliar tahun.

Para astronomi melakukan penelitian selama empat tahun dari data awal yang dikumpulkan oleh Teleskop Ruang Angkasa Kepler NASA. Tim yang dipimpin Dr Campante itu melakukan penelitian dengan menggunakan teknik asteroseismologi.

Teknik ini dilakukan dengan mendengarkan getara dari suara yang terjebak dalam bintang. Osilasi menyebabkan perubahan tekanan kecerahan sehingga peneliti dapat mengukur diameter, massa, dan usia bintang.

Kelima planet terdeteksi ketika terjadi redup saat mereka melintas di depan bintang. Peneliti dari Universitas Birmingham Inggris, Tiago Campante Januari lalu telah mengumumkan penemuan kelima planet ini. Penemuan ini berdampak besar pada pembaruan ilmu pengetahuan.

Dia mengatakan, bisa saja kehidupan alien dapat diketahui. "Sistem ini member harapan bahwa ada dunia lain yang dihuni," ujar Campante.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement