Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Perjanjian Nuklir Iran Disepakati, Rouhani: Doa Kita Jadi Kenyataan

Rabu 15 Jul 2015 01:20 WIB

Rep: C30/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Rakyat Iran sambut kesepakatan Nuklir dengan Enam Kekuatan Dunia

Rakyat Iran sambut kesepakatan Nuklir dengan Enam Kekuatan Dunia

Foto: foxnews.com

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Negosiator telah mengalami pembicaraan sulit selama 20 bulan. Negosiasi akhirnya mencapai kesepakatan sejarah, bahwa Iran sepakat mengekang kegiatan nuklirnya.

Perjanjian kesepakatan ini berfokus pada kebijakan luar negeri Presiden Barack Obama. Obama tampaknya ingin kembali mengatur dan membentuk hubungan antara Iran dan negara-negara Barat.

Pertemuan terakhir dilakukan di Wina, Austria pada hari Selasa dengan seluruh perwakilan Iran. Obama memuji pertemuan tersebut akhirnya mencapai titik tujuan kesepakatan.

"Setelah dua tahun Amerika melakukan negosiasi, akhirnya permusuhan dengan masyarakat Internasional selama satu dekade dapat dihentikan. Kesepakatan jangka panjang yang komprehensif dengan Iran, menghasilkan, mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir," ujar Obama di Gedung Putih bersama wakil Presiden Joe Biden di sisinya, dilansir dari CNN Rabu (15/7).

Setelah sambutan dari Obama, kini giliran Presiden Iran Hassan Rouhani. Rouhani ternyata memuji juga kesepakatan yang telah dibuat. "Negosiasi telah mencapai kesepakatan yang baik, dan saya mengumumkan kepada masyarakat bahwa doa kita selama ini menjadi kenyataan," kata Rouhani kepada masyarakatnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA