Jumat 17 Jul 2015 05:30 WIB

Profesor Ini Ingin Bangun Desa di Bulan?

Stasiun Luar Angkasa (Ilustrasi)
Foto: AP
Stasiun Luar Angkasa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Profesor Johann Dietrich Woerner baru saja terpilih menjadi Direktur Jendral Badan Antariksa Eropa. Namun, dia memiliki beberapa rencana berani terkait eksplorasi ruang angkasa. BBC menanyakan mengenai visinya mengenai eksplorasi ruang angkasa.

Dia enggan menanggapinya dengan manfaat antariksa bagi ekonomi dan sosial. Dia ingin hal yang lebih besar dari itu. Menurutnya, harus ada visi yang lebih besar.

"Kita seharusnya mencari pesawat luar angkasa yang lebih kecil di orbit rendah untuk penelitian mikrogravity dan saya mengusulkan adanya sebuah 'The Moon village'," ujar dia.

Misi ke bulan sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. The Moon village atau 'desa di bulan', kata Woerner bukan berarti akan ada rumah, gereja di bulan. Namun, Moon village artinya ada sebuah tempat yang bisa menjadi mitra bagi masyarakat di seluruh dunia untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Hal ini didukung oleh astronot, robot dan satelit komunikasi yang memadai. Dia bercita-cita,  a Moon village ini akan terletak di sekitar bulan dan menjadi markas untuk misi Mars di masa depan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement