Kamis 16 Jul 2015 14:57 WIB

Usai Kesepakatan Nuklir, Akun Instagram Obama Dipuji dan Dicaci Warga Iran

Rep: c23/ Red: Esthi Maharani
Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
Foto: Reuters
Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Perjanjian dan kesepakatan nuklir antara Iran dengan negara kekuatan barat, telah tercapai. Iran berjanji akan mereduksi kegiatan nuklirnya, dan barat akan mencabut sanksi embargo ekonomi yang selama ini diterapkan pada Iran.

Usai kesepakatan tersebut, salah satu tokoh yang memprakarsai perbincangan nuklir Iran, yakni Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, banyak mendapat puji dan cibiran warga Iran. Semua ungkapan bahagia dan kejengkelan warga Iran terhadap kesepakatan tersebut, ditumpahkan melalui akun instagram Obama.

Dilansir Daily Beast, beberapa warga Iran masih ada yang mengutuk kesepakatan nuklir tersebut. Pada akun instagram Obama, tampak seorang dengan identitas instagram Feresteh0112 memprovokasi agar masyarakat Iran tetap mengingatkan bahwa AS adalah musuh.

"Apakah kita lupa begitu banyak bencana? Kami masih menyatakan 'Matilah Kau Amerika' dan 'Matilah Kau'," tulis Feresteh pada akun instagram miliknya, dan disematkan pada kolom komentar instagram Obama.

Namun, banyak juga masyarakat Iran yang merasa lega dengan adanya kesepakatan nuklir dengan barat.

"Tersayang Obama, Saya mengagumi pekerjaan yang anda lakukan," tulis Narges dalam instagramnya, yang tercantum di kolom komentar instagram Obama.

Beberapa postingan warga Iran lainnya hampir seragam. Semuanya mengucapkan terima kasih pada Obama dan berjanji akan menjaga kesepakatan nulir Iran-Barat itu dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement