Jumat 17 Jul 2015 12:39 WIB

Meksiko Selidiki Otak Perencana Kaburnya Guzman

Meksiko menyelidiki kaburnya gembong narkoba Joaquin Guzman dari penjara berkeamanan tinggi, Jumat (17/7).
Foto: reuters
Meksiko menyelidiki kaburnya gembong narkoba Joaquin Guzman dari penjara berkeamanan tinggi, Jumat (17/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Meksiko menyelidiki siapa otak yang merencanakan pelarian gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman dari penjara berkeamanan tinggi.

"Mengenai rencana itu, itu bagian dari penyelidikan yang kami lakukan. Siapa yang ambil bagian, siapa yang menyerahkan mereka, kapan," ujar Menteri Dalam Negeri Miguel Angel Osorio Chong dalam konferensi pers, Jumat (17/7).

Terowongan bawah tanah tempat kaburnya Guzman terentang dari pancuran mandi di selnya hingga ke sebuah bangunan terbengkalai di kota dekat penjara Altiplano.

Pemerintah telah memecat direktur penjara.

Dalam cuplikan video yang dirilis pemerintah, terlihat El Chapo beberapa menit sebelum kabur. Dia hilir mudik di selnya, mengganti sepatu dan menghilang di belakang dinding yang sebagian ditutupi pancuran air. Di belakangnya tersembunyi lubang keluar darurat selebar 50 cm.

"Lebarnya bahkan tidak lebih satu milimeter pun. Benar-benar tepat," ujar pejabat pemerintah yang tidak ingin disebut identitasnya.

Pelarian tersebut merupakan pelarian Guaman kedua dalam waktu kurang dari 15 tahun. Pada 2001, dia kabur dengan menyuap penjaga.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement