Sabtu 18 Jul 2015 20:20 WIB

Beredar Foto Ratu Elizabeth II Hormat Ala Nazi

Rep: C23 / Red: Citra Listya Rini
Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Surat kabar The Sun memicu keheboham warga Inggris. Dalam terbitannya,  The Sun mempublikasikan puluhan foto Ratu Elizabeth II bersama ibunya dan adiknya Putri Margaret sedang melakukan hormat ala Nazi. 

Dalam foto tersebut juga tampak anak-anak Ratu Elizabeth II yang lain dan meniru gerakan hormat ala Nazi tersebut. Istana Buckingham tidak terima dengan keputusan surat kabar The Sun mempublikasikan foto-foto pribadi kerajaan yang diabadikan sekitar tahun 1933 itu.

"Hal ini mengecewakan. Foto pribadi kerajaan yang diabadikan delapan dekade lalu, dimanfaatkan dengan cara seperti ini," kata juru bicara Istana Buckingham seperti dilansir CNN, Sabtu (18/7).

Dalam uraian artikel surat kabar The Sun, tidak dijelaskan secara gamblang apakah Ratu Inggris pernah bersimpati pada Partai Nazi. Namun Sun mengaku pengarsipan foto-foto usang itu dilakukan dengan sangat baik.

Sejarahwan dari London Institute of Historical Research, Karina Urbach, mengatakan foto-foto yang diterbitkan oleh surat kabar Sun merupakan dokumen sejarah yang penting. Menurutnya, berdasarkan foto tersebut, pihak Istana patut dipertanyakan hubungannya dengan partai yang dipimpin Adolf Hitler tersebut. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement