Selasa 21 Jul 2015 11:54 WIB

Wakil Menlu Vietnam-Laos Gelar Dialog Politik Pertama

Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Le Hoai Trung
Foto: vietnambreakingnews.com
Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Le Hoai Trung

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Vietnam dan Laos mengadakan konsultasi politik tingkat wakil menteri pertama di Ibu Kota Vietnam, Hanoi, Senin (20/7).

Konsultasi itu dipimpin bersama oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Le Hoai Trung dan timpalannya dari Laos Alounkeo Kittikhoun. Selama kegiatan tersebut, kedua pihak mengkaji pelaksanaan kesepakatan kerja sama yang dicapai oleh menteri mereka.

Kedua menteri itu sepakat melanjutkan pertukaran utusan, mendorong kerja sama bidang keamanan, pertahanan, ekonomi, perdagangan, penanaman modal, pendidikan, energi dan transportasi.

Kedua pihak juga sepakat melaksanakan dengan baik kesepakatan kerja sama antara kedua kementerian tersebut selama priode 2014-2020, mempersiapkan pertemuan ke-38 Komite Antara-Pemerintah yang akan diselenggarakan di Laos pada penghujung 2015, bekerja ke arah penyelesaian segera proyek untuk meningkatkan penanda perbatasan kedua negara dan melaksanakan kesepakatan tingkat pemerintah mengenai penanganan migrasi tak rutin serta perkawinan di luar hukum.

Mereka juga berjanji mempertahankan kerja sama erat di berbagai forum regional dan internasional, terutama di dalam Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ketika Laos dijadwalkan memangku jabatan Presiden ASEAN pada 2016.

Pada hari yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri Laos Alounke Kittikhoun bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Urusan Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh. Selama pertemuan itu, kedua pihak berikrar akan lebih meningkatkan hubungan bilateral.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement