Rabu 22 Jul 2015 02:38 WIB

Tombaugh Regio Resmi Jadi Nama Satu Area di Pluto

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Pencitraan gunung es di permukaan Pluto
Foto: The Independent/NASA
Pencitraan gunung es di permukaan Pluto

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Badan Antariksa AS (NASA) resmi menamai area berbentuk hati di Pluto dengan sebutan Tombaugh Regio. Nama ini diambil dari pioner pencarian Pluto, Clyde Tombaugh.

Dilansir dari laman The Independent, pengumuman ini disampaikan NASA dalam jumpa pers perayaan sejarah penemuan Pluto beberapa waktu lalu. Area berbentuk hati ini jadi ikon Pluto karena ini merupakan gambar pertama yang bisa dilihat dari wahana luar angkasa untuk mengamati Pluto milik NASA, New Horizons.

Gamber detail Pluto ini diterima NASA beberapa pekan lalu dan akhirnya bisa terlihat jelas permukaan Pluto seperti saat akhirnya para ilmuwan NASA berhasil mengamati permukaan Mars. Sebenarnya, keberadaan area ini sudah lama diketahui. Namun, mereka belum punya gambar detil sehingga belum bisa dilihat jelas bentuk areanya.

Pluto pertama kali diintifikasi oleh astronom AS Clyde Tombaugh menggunakan 13 teleskop fotograpi di Observatorium Lowell, Flagstaff, Arizona. Tombaugh memulai studinya mengenai luar angkasa di awal abad 20 dengan membuat teleskop sendiri setelah badai menghancurkan pertanian keluarga. Dia terpaksa tak bisa melanjutkan pendidikan ke universitas.

Anak-anak Tombaugh kemudian aktif terlibat dalam misi New Horizon. Dalam acara itu, NASA juga mengumumkan nama titik gelap besar di satelit Pluto, Charon, dengan sebutan Mordor. Nama ini diambil dari wilayah hitam dalam film Lord of the Rings.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement