Rabu 22 Jul 2015 17:17 WIB

Kerry Optimis Yakinkan Pemimpin Teluk Hadapi Iran

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Menlu AS, John Kerry
Foto: Reuters
Menlu AS, John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Washington akan bekerja dengan negara Teluk Arab untuk melawan pengaruh Iran di wilayah tersebut. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry akan berusaha meakinkan para pejabat Teluk Arab pada pertemuannya di Qatar.

"Saya akan melakukan perjalanan ke Doha dalam beberapa pekan ke depan untuk bertemu dengan seluruh (Gulf Cooperation Council)," kata Kerry dilansir Reuters Rabu (22/7).

Ia merujuk kepada sekelompok negara yang terdiri dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, Oman dan Qatar.

Sebagian sekutu AS di Teluk yang kaya energi menaymbut kesepakatan antara kekuatan dunia dan Iran atas program nuklirnya. Tetapi mereka menuduh Iran campur tangan dalam konflik Arab dan berusaha keras meningkatkan pengaruh regional.

Pertemuan diplomatik Kerry dengan pemimpin Teluk Arab telah disebut Presiden Barack Obama di Camp David pada Mei lalu dan dicerca oleh pera pemimpin Bahrain dan Arab Saudi.

Meskipun ada keraguan dari mereka, Kerry melanjutkan, AS bertujuan meyakinkan sekutunya akan kesepakatan itu demi kepentingan mereka sendiri.

"Seluruh alasan Camp David adalah untuk membawa orang-orang bersama-sama di dalam upaya organisasi untuk menghadapi Iran," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement