Kamis 23 Jul 2015 17:47 WIB

Langkah Mudah Hadapi Wawancara Kerja di Australia

Wawancara kerja/ilustrasi
Foto: usgreentechnology.com
Wawancara kerja/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  Anda seringkali datang ke sebuah sesi wawancara kerja namun tak kunjung berhasil mendapat pekerjaan? Inilah tips bagaimana menghadapi wawancara kerja dan membuat pewawancara terkesan.

Australia menarik minat puluhan ribu mahasiswa internasional untuk belajar di negara ini tiap tahunnya.

Setelah menghabiskan begitu banyak waktu berharga dan uang untuk belajar di kampus idaman, mencari pekerjaan setelah lulus adalah imipian utama sebagian besar para mahasiswa internasional. Serta sebagai pelengkap bagi pengalaman mereka di Australia.

Tapi dengan adanya 180 ribu mahasiswa Australia yang lulus tiap tahunnya, mendapat pekerjaan impian tentu saja tak mudah.

Dalam program Studying in Australia, Australia Plus TV berbicara dengan sejumlah pejabat perusahaan, konsultan karir dan para pencari kerja yang sukses. Kami menanyai mereka seputar tips bagaimana tampil mengesankan ketika magang dan wawancara kerja, serta memoles CV anda agar berhasil dalam perburuan kerja.

Dalam episode ini juga dipaparkan berbagai macam wawancara kerja dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika menjalaninya.

Inilah sejumlah tips dari konsultan karir dan pejabat perusahaan yang kami temui:

Kate Abraham dari Pusat Karir Melbourne:

"Latih jawaban anda (saat wawancara) keras-keras, jangan cuma dilatih dalam hati."

Debra Eckersley dari PwC:

"Tunjukkan siapa diri anda dengan memberi jawaban yang menunjukkan sesuatu tentang anda."

Stanley Litow dari IBM:

"Jangan diam. Jawablah pertanyaan secara jujur dan terus terang dan berinisiatiflah untuk menanyakan sesuatu yang ingin anda tahu selama wawancara."

Chong Ren dari Financial Services:

"Percaya diri dan bersiaplah menjawab pertanyaan tentang sikap anda ketika menghadapi situasi selama wawancara (juga disebut sebagai pertanyaan perilaku)."

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-07-23/inilah-tips-hadapi-wawancara-kerja-di-australia/1472940
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement