Sabtu 25 Jul 2015 10:04 WIB

Foto Terbaru NASA Ungkap Rahasia Es di Pluto

Foto Pluto yang diambil oleh NASA
Foto: NASA/Daily Mail
Foto Pluto yang diambil oleh NASA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak kabar baik datang dari badan antariksa AS (NASA). Setelah baru-baru ini NASA merilis sebuah foto planet yang mirip dengan bumi, kini tim NASA Horizons merilis sebuah gambar baru dari Pluto. Tim menemukan ada gletser es yang bergerak di permukaan Pluto. Namun, es ini diduga bukan terbuat dari air melainkan dari campuran nitrogen, karbon dioksida dan es metana.

Citra satelit yang diambil 4,6 miliar mil jauhnya dari bumi ini menunjukkan ada es mengalir di permukaan Pluto. John Grunsfeld dari NASA mengatakan foto ini menunjukkan sebuah keragaman geologi plaet yang sangat mendebarkan dan membuat penasaran.

Dilansir dari laman The Independent, pada suhu -234 derajat Celcius, Pluto bisa membekukan zat kimia. Jika nitrogen, karbon monoksida dan metana di bumi ada dalam wujud gas, maka di Pluto zat-zat tersbeut akan membeku dan menjadi es. Dari cat penyusu gletser ini, tim juga menemukan adanya tanda-tanda aktivitas gelologi baru-baru ini.

Dari gambar, tim menyimpulkan Pluto memiliki struktur yang kompleks, termasuk dataran yang dingin, dua pegugungan, kawah-kawah yang terdiri dari deposit es. "Kami janya pernah melihat permukaan seperti ini di planet yang aktif seperti Bumi dan Mars," ujar John Spencer, co investigator dari Southwest Research Institute.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement