Ahad 26 Jul 2015 02:21 WIB

Belanda Akan Pamerkan Selfie Dari Ratusan Tahun Lalu

Rep: c27/ Red: Esthi Maharani
Budaya obsesi selfie (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Budaya obsesi selfie (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Selfie merupakan istilah yang baru lahir kemarin sore, tapi kegiatannya sudah ada sejak berabad-abad lalu. Ini dibuktikan dengan akan diadakannya pameran lukisan penampilan sosok dari para seniman di Museum Mauritshuis, Den Haag.

Dalam pameran ini akan ditampilkan beberapa gambaran seniman dari berabad yang lalu seperti Rembrandt, Jan Steen, Carel Fabritius dan Gerrit Dou dari lukisan Belanda abad ke-17 Golden Age, dilansir dari Reuters, Ahad (26/7).

Potret diri memang begitu populer di kalangan pelukis Belanda pada beberapa periode. Terlihat dari pelukis Rembrandt yang menggambarkan perjalanan kehidupannya yang dimulai dari serorang jenius muda menjadi seorang yang penuh kekecewaan dan bangkrut.

Pameran bertajuk Dutch Self-Portraits - Selfies from the Golden Age ini akan mengumpulkan 27 lukisan diri yang mencerminkan cara para seniman mewakili diri mereka sendiri. Sebagian akan terlihat begitu borjuis sebagai orang kaya, laki-laki penyayang keluarga, pemburu, dan pelukis profesional.

Jika saat ini kebanyakan orang melakukan selfie dengan menggunakan perangkat pintar, museum ingin memberikan sesuatu potret diri yang menggambarkan sebuah sejarah  yang begitu berharga.

Pameran ini akan berlangsung mulai tanggal 8 Oktober 2015 hingga 3 Januari 2016. Museum ini juga tempat bagi salah satu koleksi paling penting di dunia lukis Dutch Golden Age, seperti Girl with a Pearl Earring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement