Kamis 30 Jul 2015 00:41 WIB

Raja Saudi Dukung Turki Melawan Teroris

Rep: c08/ Red: Satya Festiani
Penguasa Arab Saudi, Raja Salman.
Foto: Reuters
Penguasa Arab Saudi, Raja Salman.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menyampaikan rasa simpatinya terhadap serangan teroris di wilayah negara Turki yang terajdi baru-baru ini. Dalam percakapan langsung via telepon seluler dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Raja Salman menyebut dirinya mendukung penuh upaya Turki untuk melindungi warganya dari ancaman teroris.

Salman sepakat bahwa teroris yang dimotori oleh kelompok militan ISIS sudah sangat menganggu ketentraman warga tidak hanya untuk negara-negara Timur Tengah, tapi juga terhadap dunia internasional secara umum.

Selain Raja Salman, dukungan terhadap Turki untuk menumpas teroris juga datang dari organisasi NATO. Kepala NATO Jens Stoltenberg menyebut semua pihak harus berdiri dalam satu komitmen yang sama untuk melawan tidakan teror yang dilakukan ISIS.

“Semua sekutu menyatakan dukungan yang kuat untuk Turki dan kita semua berdiri bersama dalam solidaritas dengan Turki. Kami sangat mengutuk serangan teroris," kata Stoltenberg, seperti dilansir dari Arab News, Kamis (30/7).

Stoltenberg mengatakan hingga saat ini Turki belum meminta bantuan militer kepada NATO, akan tetapi ia mengapresiasi langkah Turki yang sudah siaga untuk mengamankan wilayah Daesh yang belakangan menjadi target serangan dari kelompok teroris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement