Jumat 31 Jul 2015 11:16 WIB

Cina-Rusia Gelar Latihan Gabungan di Laut Jepang

Rep: melisa riska putri/ Red: Ani Nursalikah
Kapal militer Rusia di pangkalan Baltiysk.
Foto: press tv
Kapal militer Rusia di pangkalan Baltiysk.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina dan Rusia akan menggelar latihan militer bersama di perairan dan wilayah udara Laut Jepang. Ini merupakan kerja sama pertahanan terbaru antara negara-negara tersebut.

Seperti diberitakan Al Arabiya, Kamis (30/7), latihan akan berlangsung pada 20 hingga 28 Agustus di Teluk besar Peter dan daerah lainnya di lepas pantai Rusia.

"Tujuan utama dari latihan gabungan adalah untuk lebih meningkatkan kemampuan bersama-sama mengatasi ancaman keamanan maritim," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Yang Yujun.

Cina akan mengirim tujuh kapal angkatan laut termasuk kapal perusak, jet tempur dan pesawat lainnya juga akan dikerahkan. Sementara kontingen Rusia akan mengerahkan kapal permukaan, kapal selam dan pesawat. Yang menambahkan, kedua negara juga akan mengirimkan helikopter dan kapal borne marinir.

Latihan ini digelar setelah Cina dan Rusia mengintensfkan kerja sama di bidang militer, politik dan ekonomi.

Pada Mei lalu, mereka melakukan latihan bersama angkatan laut di perairan Eropa di Laut Hitam dan Mediterania. Latihan itu merupakan latihan gabungan AL pertama keduanya sekaligus latihan terjauh AL Cina yang pernah dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement