Ahad 02 Aug 2015 02:30 WIB

NASA Temukan Planet Baru

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Tata surya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Badan Antariksa AS (NASA) mengumumkan telah menemukan planet yang terletak di luar sistem tata surya (exoplanet). NASA menyatakan, planet berbatu itu letaknya tak jauh dari Bumi, hanya sekitar 21 tahun cahaya dari Bumi.

Dilansir dari Independent, Ahad (2/8), Planet yang diberi nama HD 219134b tersebut pertama kali ditemukan para ilmuwan menggunakan teleskop Galileo National di Kepulauan Canary. Kemungkinan besar planet itu tak dapat mendukung kehidupan, sebab orbit dengan bintangnya seperti Matahari cukup dekat.

Meski begitu, penemuan ini cukup memberikan titik terang pada para ilmuwan, karena kebanyakan exoplanet yang pernah ditemukan hanya memiliki permukaan berupa gas. Ilmuwan untuk misi Spitzer di NASA Jet Propulsion Laboratory di California Michael Werner juga menyatakan, penemuan ini akan menjadi salah satu bahan penting ke depan.

Hal ini disebabkan karena HD 219134b mempunyai orbit cukup unik, yakni melewati bintangnya. Maka memungkinkan peneliti NASA mengamatinya cukup jelas dari Bumi. Berdasarkan data pengamatan awal, didapatkan informasi, exoplanet ini memiliki ukuran sekitar 1,6 kali ukuran Bumi. Kemudian mempunyai 4,5 kali massa Bumi.