Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Perjuangan Ibu Muda, Mengasuh Anak Sambil Kuliah Hingga Bekerja

Selasa 04 Aug 2015 13:54 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Lulus kuliah (ilustrasi)

Lulus kuliah (ilustrasi)

Foto: guardian

REPUBLIKA.CO.ID, ABERDEEN -- Mempunyai seorang bayi tidak menghalangi perempuan 23 tahun asal Inggris ini menyelesaikan program studinya. Ava Sim baru saja menyelesaikan program studi managemen bisnisnya di Robert Gordon University di Aberdeen dengan peringkat kelas pertama.

Seperti dilansir dari Guardian, Sim menyeimbangkan kehidupannya dengan merawat bayi laki-lakinya, bekerja paruh waktu dan kuliah. Setiap harinya ia melakukan perjalanan hingga 260 mil untuk kuliah dari rumahnya di Shetland.

Sim membawa bayinya yang bernama Leo bersamanya ke universitas. Ia menitipkannya dan sesekali keluar kelas untuk menyusui. Hal itu ia lakukan selama masa studinya. Ketika lulus dengan peringkat pertama, Sim bahkan sedang mengandung anak keduanya.

"Saya sangat bahagia, saya selalu menikmati semua hal di universitas," kata Sim. Ia bercerita mengandung dan memiliki Leo tidak akan menghentikannya. Sim bahkan mulai membawa Leo kuliah sejak bayi itu berusia lima pekan.

Sim menyelesaikan studinya dengan menulis disertasi sambil mengandung anak kedua dan bekerja untuk pemerintah lokal. Sim mengakui bahwa kehidupannya sangat menantang.
"Di tahun terakhir studi saya, saya menyeimbangkan kuliah dengan bekerja paruh waktu, merawat Leo, mengurus rumah tangga, menambah aktivitas kurikulum dan mengandung anak kedua," kata Sim.

Ia juga mengaku menikmati berolahraga. Setelah melahirkan anak kedua, Sim mengatakan ingin mencari tantangan baru, seperti bekerja untuk konsultan pengembangan bisnis atau managemen sumber daya manusia.

"Saya juga sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan studi master, karena saya sangat menikmatinya," ujar Sim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA