Rabu 05 Aug 2015 15:20 WIB

Butuh 100 Juta Dolar Bantu Anak Palestina

 Tiga anak Palestina berfoto bersama saat merayakan Hari Raya Idul Fitri di Gaza, Palestina, Jumat (17/7).  (AP/Khalil Hamra)
Tiga anak Palestina berfoto bersama saat merayakan Hari Raya Idul Fitri di Gaza, Palestina, Jumat (17/7). (AP/Khalil Hamra)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Selasa (4/8), menyeru semua donor agar menyumbang 100 juta dolar AS buat Badan Pekerjaan dan Bantuan PBB bagi Pengungsi Palestina (UNRWA) sehingga anak Palestina dapat bersekolah lagi.

"Sekretaris Jenderal yang secara pribadi telah berbicara dengan beberapa pemimpin dunia dalam beberapa pekan belakangan mengenai masalah ini, menyeru semua donor segera menjamin 100 juta dolar AS disumbangkan buat UNRWA sesegera mungkin. Dengan demikian anak Palestina dapat memulai tahun ajaran 2015-2016 mereka tanpa penundaan," demikian isi satu pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara sekretaris jenderal PBB itu.

Ban juga menyampaikan keprihatinannya yang mendalam mengenai situasi keamanan yang dihadapi UNRWA.

"Dalam surat yang menyampaikan Laporan Khusus Komisaris Jenderal UNRWA kepada Sidang Majelis Umum, Sekretaris Jenderal PBB itu menyampaikan keprihatinan yang mendalam mengenai situasi keuangan yang dihadapi UNRWA. Ia juga berbicara mengenai konsekuensi keamanan yang akan muncul jika keuangan yang memadai dan berkelanjutan untuk tahun fiskal 2015 dan selanjutnya tak diperoleh dalam waktu dekat," kata pernyataan itu.

Ban menekankan pada saat krisis dan penderitaan manusia merebak di seluruh Timur Tengah, penting untuk UNRWA menyediakan sumber daya yang diperlukan. Tujuannya ialah memungkinkannya terus menyediakan layanan termasuk pendidikan bagi setengah juta anak pengungsi Palestina.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement