Rabu 05 Aug 2015 20:17 WIB

Mantan Ibu Negara Korsel Kunjungi Korut

Janda mantan presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, Lee Hee-ho
Foto: bbc
Janda mantan presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, Lee Hee-ho

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Janda mantan presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, Lee Hee-ho mengunjungi Korea Utara, Rabu (5/8).

Belum diketahui apakah Hee-ho akan bertemu dengan pemimpin Korut, termasuk Kim Jong-un. Hee-ho melakukan kunjungan pribadi.

Pada 2000, Dae-jung mengadakan pembicaraan rekonsiliasi antarKorea. Dia kemudian memenangkan Nobel Perdamaian atas upayanya tersebut. Dua Korea secara teknis masih dalam keadaan berperang.

Dae-jung yang meninggal dunia pada 2009 merupakan pendukung pendekatan kembali dengan Korut. Konferensi tingkat tinggi antara dirinya dengan Kim Jong-il membuat hubungan antara kedua Korea membaik.

"Hee-ho menyuarakan harapan agar dua Korea bisa menyembuhkan sakit dan luka dari perpecahan dua Korea selama 70 tahun dan mempromosikan rekonsiliasi dan kerja sama," ujar Kim Sung-jae dari Kim Dae-jung Peace Centre yang mengatur kunjungan itu, berdasarkan Yonhap, dilansir BBC.

Namun, tampaknya kunjungan tersebut tidak berdampak banyak pada hubungan Korut dan Korsel, terutama mengenai nuklir Korut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement