Kamis 06 Aug 2015 10:19 WIB

Kapal Tempur Iran Arahkan Senjata ke Helikopter AS

 Helikopter Seahawk milik US Navy mendarat di KRI Banda Aceh, Kalteng, Selasa (6/1).
Foto: Republika/Wihdan
Helikopter Seahawk milik US Navy mendarat di KRI Banda Aceh, Kalteng, Selasa (6/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapal tempur Iran mengarahkan senjata mereka ke helikopter militer AS dan kapal koalisi. Menurut laporan media AS yang dikeluarkan, Rabu (5/8), insiden tersebut berlangsung di Teluk Aden pada 25 Juli atau dua pekan lalu.

Saat itu, helikopter militer AS yang mendarat di kapal koalisi berada hanya beberapa ratus yard dari kapal Iran. Tampak, kru kapal Iran mengarahkan senjata yang diyakini terletak di dek kapal ke arah mereka.

Menurut keterangan anggota kapal koalisi, terdapat seorang kameramen berdiri di belakang pria Iran bersenjata itu. "Apakah mereka sedang  membuat gambar keren dengan mengarahkan senjata ke kami? Apakah mereka sedang membuat propaganda film? Atau seorang pria yang hanya mengambil gambar untuk mengirimkan ke pacarnya? Kami tidak tahu," ujar salah seorang pejabat keamanan.

Insiden ini berlangsung sekitar satu menit, tanpa ada peluru yang ditembakkan. Kapal koalisi pun memilih untuk tidak melakukan aksi balasan. Pejabat tersebut enggan memberitahukan negara asal kapal koalisi. Namun, ia menyebut kapal Iran dimaksud, yakni kapal perusak Angkatan Laut Iran Vosper.

Angkatan Laut As dalam keterangan persnya mengatakan, tindakan Iran ini tidak profesional dan berbahaya.

sumber : Al Arabiya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement