Kamis 13 Aug 2015 13:28 WIB

Seniman Australia Pamerkan Plasenta sebagai Karya Seni

Pameran yang menampilkan benda-benda sisa proses melahirkan dianggap indah.
Foto: ABC, Emilia Terzon.
Pameran yang menampilkan benda-benda sisa proses melahirkan dianggap indah.

REPUBLIKA.CO.ID, DARWIN -- Seniman asal Darwin, Australia Barat Megan Robertson memamerkan plasenta atau ari-ari sisa kehamilannya sebagai hasil karya seni terbarunya. Ada sisi sentimental untuk menjaga plasenta dari anak-anak yang pernah ia lahirkan.

Setelah itu ia memutuskan menyimpan kenang-kenangan dari pengalaman melahirkannya, yakni plasenta atau banyak dikenal sebagai ari-ari atau tali pusar.

"Saya merasa plasenta adalah bagian dari diriku," kata Robertson. "Tumbuh dalam tubuh kita, tapi sayangnya kemudian dibuang begitu saja."

Plasenta yang disimpannya kemudian dibekukan di dalam freezer selama dua tahun. Inspirasi menyimpan plasenta ini sebenarnya datang pada tahun 2014, saat kelahiran anak keduanya.

"Kelahiran Levi adalah yang terbaik yang pernah saya alami. Sebuah pengalaman yang indah," katanya.

Plasenta dari anak keduanya pun ia simpan. Kemudian semua hal yang berkaitan dengan proses melahirkannya ia simpan untuk kemudia dipamerkan dalam pameran seni tunggal yang pertama kalinya ia gelar.

 

Pameran yang diberi nama "Your Body, My Body" di galeri Happy Yess, Darwin Australia ini menampilkan foto-foto plasenta milik kedua anaknya, termasuk foto-foto dari seprai tempat tidur yang bernoda darah.

Sebenarnya Robertson ingin menunjukkan plasenta atau tali pusar yang sebenarnya, tetapi ia berubah pikiran karena untuk melakukannya membutuhkan zat-zat kimia.

Dan sebagai gantinya, Robertson dan teman-temannya mengambil foto dari organ-organ tubuh sisa kehamilan dan proses melahirkannya.

"Masuk akal saja rasanya, untuk menekankan pentingnya plasenta dan menyajikannya dengan indah," katanya.

Manajer dari galeri Happy Yess, Dan Davies mengaku tidak ada keraguan saat pertama kali Robertson menyatakan keinginannya untuk memajang plasentanya.

"Saya berpikir, fantastis. Hal ini yang ingin kita dorong. Siapapun yang memiliki anak, akan menyadari seperti apa sistem reproduksi perempuan lewat dinding kita," kata Davies.

Davies pun mengaku tidak takut atau menganggapnya menjijikkan, sebaliknya ia merasa plasenta ini bisa menjadi hasil seni yang indah.

 

Secara historis, beberapa budaya ada yang menyembah atau mengubur plasenta mereka. Bahkan ide mengonsumsinya telah berkembang di budaya barat dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah rumah sakit di Australia juga telah memberikan pilihan bagi perempuan jika ingin menyimpannya.

Robertson mengaku ketertarikan dengan plasenta atau ari-ari adalah perasaan sentimental yang dimilikinya, bukan spiritualnya. Perasaan inilah yang ia ingin bagi dengan para pengunjung museum.

"Saya berharap mereka bisa meninggalkan pameran dengan ekspresi, 'Wow plasenta sedikit terlihat seperti hati'," ujarnya.

"Ini adalah kebebasan dan ekspresi sesuatu yang tidak dapat ditahan oleh dokter atau bidan, bahkan orang lain."

Usai diabadikan dalam sebuah foto, plasenta kedua anaknya ditanam dengan sebuah tumbuhan.

"Seiring tumbuhnya tanaman, anak-anak saya juga akan tumbuh. Tumbuhan tersebut akan terus tumbuh dan menjaga memori yang ada bersama plasenta tersebut."

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-08-13/seniman-australia-pamerkan-tali-pusar-sebagai-karya-seni-terbarunya/1481108
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement