Jumat 14 Aug 2015 07:35 WIB

Peran Umat Muslim Bantu India Rebut Kemerdekaan

Rep: C27/ Red: Citra Listya Rini
India
Foto: [ist]
India

REPUBLIKA.CO.ID, THAMPANOOR -- India akan merayakan hari kemerdekaannya dari Inggris pada Jumat (15/8). Bertepatan dengan itu pula akan digelar acara mengingat peranan umat Muslim bagi perkembangan India.

"Muslim memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan India bergabung dengan orang-orang dari agama lain. Namun, seperti berjalannya waktu, peran mereka telah dilupakan untuk satu alasan atau yang lain," kata Presiden Khatheeb dan Qazi Forum dilansir dari OnIslam, Jumat (14/8).

Acara ini diselenggarakan oleh Thiruvananthapuram yang dinaungi Khatheeb dan Qazi Forum. Bertempat di Highland Auditorium, Thampanoor, acara pertemuan ini akan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri India Ramesh Chennithala.

Acara yang bertajuk "Peranan Muslim Pada Perjuangan Kemerdekaan India" merupakan bagian dari Hari Kemerdekaan yang akan diresmikan juga oleh Presiden KPCC VM Sudheeran.

"Program ini akan menjadi upaya untuk mempertahankan tawaran dari beberapa bagian untuk menghancurkan masyarakat dengan menyuntikan kebencian ke publik," kata panitia.

Acara ini juga dapat menjadi tempat untuk mengingat dan menghormati jasa dari pejuang yang membela kemerdekaan. Terlepas dari iman yang mereka anut, mereka memberikan segalanya untuk kebebasan negara.

India menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak ketiga setelah Indonesia dan pakistan. Negara ini memiliki 180 juta Muslim dari 1,1 miliyar jumlah penduduk seluruhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement