Ahad 16 Aug 2015 03:01 WIB

Kaisar Akihito Minta Maaf Atas Penjajahan Jepang

Rep: c09/ Red: Dwi Murdaningsih
Kaisar Jepang Akihito
Kaisar Jepang Akihito

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Kaisar  Jepang Akihito menyatakan penyesalan mendalam atas keterlibatan negaranya dalam perang dunia ke-II.  Penyesalan itu disampaikannya pada peringatan 70 tahun perang dunia ke-II. Huffington Post melansir, Kaisar Akihito meminta maaf kepada seluruh korban agresi Jepang.

 

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, juga menyatakan hormatnya pada korban-korban perang. Ia berdoa dan meletakkan bunga di pemakaman nasional khusus tentara perang menjelang upacara tahunan di Budokan Hall, Tokyo.

 

Peringatan 70 tahun perang dunia ke-II dimulai dengan mengheningkan cipta pada siang hari. Mengheningkan cipta dilakukan untuk memperingati pengumuman Kaisar Hirohito, ayah Akihito, melalui radio bahwa Jepang menyerah pada 15 Agustus 1945. Media Jepang mengatakan, saat itu adalah pertama kalinya Kaisar Akihito menggunakan kata-kata 'penyesalan mendalam'.

 "Berkaca pada masa lalu dan mengingat perasaan menyesal yang mendalam atas perang terakhir, saya sungguh-sungguh berharap bahwa kerusakan akibat perang tak akan pernah terulang," kata Akihito dalam sambutannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement