Selasa 18 Aug 2015 02:40 WIB

Berdesakan di Kapal, Migran Ilegal Tewas Kehabisan Oksigen

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Indah Wulandari
 Ribuan migran berusaha menyeberang secara ilegal ke Inggris, di Prancis utara, Calais, Senin (3/8).  (AP/Emilio Morenatti)
Ribuan migran berusaha menyeberang secara ilegal ke Inggris, di Prancis utara, Calais, Senin (3/8). (AP/Emilio Morenatti)

REPUBLIKA.CO.ID,ROMA -- Tim penyelamat menemukan seorang migran ilegal tewas dan 354 orang lainnya bersembunyi di perahu nelayan dekat Barat Daya Italia, Senin (17/8). Mereka semuanya ditemukan lemas karena hampir kehabisan oksigen di ruangan sempit kapal.

Dilansir dari Arabnews, tubuh tersebut ditemukan pada Ahad (16/8) malam. Diduga migran tersebut tewas akibat sesak napas karena perahu melebihi kuota.

Selama sepekan terakhir migran tewas ilegal sebanyak 49 jiwa. Dua kapal penjaga pantai Italia dan Kroasia dikerahkan dibawah Misi Maritim Uni Eropa Triton.

Penjaga Pantai Italia mengatakan, migran ilegal yang berhasil selamat dibawa oleh kapal dagang dan ditempatkan sementara di Pantai Calabria. Sementara itu, lebih dari 300 korban terbaru dari migran Mediterania baru tiba di Sisilia dengan Kapal Norwegia.

Kapal tersebut membawa 49 jasad. Sebanyak 313 orang termasuk tiga anak selamat dari tenggelamnya Kapal Siem Pilot.

Kapal Jerman juga telah membawa 103 migran yang berhasil selamat setelah berangkat dari Libya dengan sampan karet. Walikota Catania Enzo Bianco mengatakan memberikan lahan bagi jenazah untuk dikuburkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement