Rabu 19 Aug 2015 13:26 WIB

Pelaku Bom Bangkok Seperti Warga Asing

Foto seorang pria berkaus kuning yang diduga pelaku peledakan bom di Bangkok, Ahad (16/8).
Foto: AP
Foto seorang pria berkaus kuning yang diduga pelaku peledakan bom di Bangkok, Ahad (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Pihak berwajib Thailand mengatakan sedang mencari kaki tangan tersangka utama pengeboman Bangkok yang menewaskan 20 orang, Rabu (19/8). Dia adalah seorang pria yang tertangkap kamera CCTV meninggalkan tas ranselnya dan bergegas pergi.

"Kami menduga ia adalah pengebom itu. Kami juga mencari tersangka lain yang terkait dengan ledakan itu. Serangan semacam ini tidak biasanya dirancang oleh satu orang saja," kata juru bicara kepolisian negara Prawut Thawornsiri merujuk pada seorang pria berkaos kuning dalam sebuah rekaman video yang sudah tersebar di media sosial.

Wakil Kepala Polisi Jaktip Chaijinda mengatakan berdasar rekaman video, para penyelidik menduga penampilan fisik pria itu lebih menyerupai orang asing daripada orang Thailand.

Komandan pada Institut Kedokteran Forensik Mayor Jendral Polisi Pornchai Suteerakune mengatakan pada hampir semua mayat di kuil itu terdapat luka karena bantalan bola perak yang dipasang pada bom.

Rekaman pria muda berambut gelap itu menunjukkan ia memasuki kawasan kuil menyandang sebuah tas ransel, duduk membelakangi pagar, kemudian melepaskan tas. Ia kemudian berdiri dan berjalan keluar, serta tampak seperti memegang telepon seluler, meninggalkan tasnya di pinggir pagar sementara turis tampak berseliweran.

Polisi belum menyebutkan kelompok manapun, termasuk elemen-elemen yang menentang pemerintahan militer atas serangan itu meskipun mereka mengatakan serangan itu tidak sama dengan taktik yang digunakan separatis selatan atau kelompok kaus merah pendukung pemerintah sebelumnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement