Jumat 21 Aug 2015 14:51 WIB

Mundurnya PM Tsipras tidak Pengaruhi Bailout Yunani

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
PM Yunani, Alex Tsipras.
Foto: Reuters
PM Yunani, Alex Tsipras.

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan, pemilihan sela yang disebut oleh Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras tidak akan berpengaruh pada paket bantuan keuangan Yunani.

"Tidak, ini benar-benar merupakan langkah yang diharapkan," kata Kepala Kelompok Kerja Euro Thomas Wieser yang mempersiapkan keputusan untuk pertemuan pada menteri keuangan zona euro ketika ditanya apakah pemilu akan mengubah angka kesepakatan bailout (dana talangan).

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan tentang penghapusan utang pada Oktober nanti. Itu artinya pertemuan akan dilakukan setelah pemilu yang akan digelar pada 20 September.

Perdana Menteri Alexis Tsipras mengundurkan diri, Kamis (20/8). Ia mengumumkan pengunduran dirinya dalam pidato televisi.

Tsipras mengatakan, ia mendapatkan kesepakatan terbaik ketika mencapai kesepakatan bailout sebesar 86 miliar euro atau sekitar 95 miliar dolar AS dari negara zona euro untuk menyelamatkan Yunani dari ancaman keluar dari zona euro.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement