Sabtu 22 Aug 2015 11:06 WIB

Patung Bersejarah Hilang Di Siang Bolong

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Pihak berwenang Denmark mengaku tidak memiliki petunjuk mengenai keberadaan patung abad ke-19 senilai lebih dari 400 ribu dolar AS. Patung bersejarah itu dicuri dari sebuah museum pada siang hari bolong.

Rekaman video keamanan dari Museum Glyptoteket Kopenhagen jelas menunjukkan dua pencuri laki-laki berpakaian seperti turis. Mereka berjalan melalui bangunan sebelum berhenti di patung perunggu karya Rodin 1863.

Meskipun museum itu menolak memberikan perkiraan nilai dari patung 'Man with a Broken Nose', media lokal menaksi bila patung bernilai sekitar 408 ribu dolar AS.

"Sejauh ini kami tidak memiliki indikasi ke mana patung itu pergi dan penyelidikan polisi masih berlangsung," kata juru bicara museum, Jakob Fibiger Andreasen dilansir 9 News, Sabtu (22/8).

Kamera keamanan lainnya menunjukkan laki-laki yang mengunjungi Glyptoteket pada Juli. Ia menonaktifkan alarm yang melindungi karya beharga.

"Mereka berada di dalam museum untuk mempelajari sekitar seminggu sebelum pencurian," kata salah satu polisi Kopenhagen, Inspektur Ove Randrup.

Pihak museum yakin bila pencuri patung akan mengalami kesulitan dalam bergerak karena interpol dan Europol telah bekerjasama untuk melakukan pencarian. Patung bernilai ratusan juta dolar itu juga diyakini akan sulit untuk dijual pencuri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement