Ahad 30 Aug 2015 00:54 WIB

Setahun, Relawan NASA Diisolasi Demi Uji Coba Kehidupan di Mars

Rep: c25/ Red: Dwi Murdaningsih
Kehidupan di Planet Mars
Foto: CNN
Kehidupan di Planet Mars

REPUBLIKA.CO.ID, WAHINGTON -- Badan Antariksa AS (NASA) mulai melakukan simulasi kehidupan di Mars. Enam orang yang direkrut NASA akan diisolasi dengan tidak memiliki kontak untuk berhubungan dengan orang lain selama satu tahun. Isolasi mereka sudah dilakukan mulai Jumat (28/8). Mereka terdiri dari ahli astrobiologi dari Prancis, Fisikawan dari Jerman, pilot, arsitek, jurnalis dan ilmuwan yang ahli di bidang pertanahan. Mereka akan tinggal di tenda dome.

Dilansir dari The Independent, proyek yang dimulai sekitar pukul 03:00 pada hari Jumat itu, akan menjadi percobaan terpanjang yang pernah dilakukan. Relawan akan mendapatkan pengawasan yang ketat karena mereka akan tinggal berdampingan di sebuah gunung berapi yang tandus di Hawaii. Mereka tidak akan dapat meninggalkan tenda dome tanpa pakaian ruang angkasa. Mereka juga  dipaksa untuk pergi tanpa udara segar dan makanan untuk satu tahun penuh.

Setiap gerakan akan dipantau oleh kamera dan pelacak gerakan tubuh. Pemantauan ini bertujuan untuk menilai kohesi kelompok dari waktu ke waktu, dengan harapan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari efek isolasi. "Saya pikir salah satu pelajaran adalah bahwa Anda benar-benar tidak dapat mencegah konflik interpersonal. Hal ini akan terjadi selama misi yang lama, bahkan dengan orang-orang terbaik," kata Kim Binsted, seorang penyelidik NASA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement