Senin 31 Aug 2015 22:58 WIB

Selandia Baru akan Beri Penghargaan ke Tujuh WNI

 Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Dr Trevor Matheson, Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia Surya Darma (kedua dari kiri)
Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Dr Trevor Matheson, Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia Surya Darma (kedua dari kiri)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah Selandia Baru untuk Indonesia akan memberikan penghargaan kepada tujuh orang Indonesia yang dianggap memberikan konstribusi yang signifikan bagi hubungan Selandia Baru-Indonesia. Penghargaan itu akan diberikan pada acara "New Zealand-ASEAN 40th Anniversary Awards Ceremony" yang akan digelar di Jakarta, Selasa (8/9) mendatang.

Saat acara puncak akan diberikan award kepada tujuh orang tersebut. "Penerima penghargaan ini merefleksikan kedalaman dan keragaman hubungan antara Selandia Baru dengan Indonesia dan wilayah ASEAN secara lebih luas," kata Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Dr Trevor Matheson, saat konferensi pers di Kedutaan Selandia Baru di Jakarta, Senin (31/8).

"Sebagai perwakilan dari Selandia Baru kami mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan dan menantikan kesempatan lebih lanjut untuk terus bekerja sama," sambung Trevor.

Menurutnya, Selandia Baru dan Indonesia memiliki hubungan perdagangan yang kuat. Ada juga sejarah mengenai hubungan dekat dan pertemanan yang berakar dari Colombo Plan, pembangunan sektor geotermal di Indonesia, dan hubungan pembangunan lainnya.

Dia menambahkan, Selandia Baru memiliki kontribusi yang signifikan pada desain, perencanaan, dan manajemen dari pembangkit tenaga geotermal pertama di Indonesia yang terlekat di Kamojang pada 1970, dan hubungan antara warga kedua negara telah tumbuh terus-menerus melalui hubungan pariwisata dan bisnis di antara kedua belah pihak.

Banyak warga negara Indonesia yang telah bersekolah di Selandia Baru, termasuk beberapa penerima penghargaan. Hubungan Selandia Baru dengan ASEAN akan diteguhkan melalui sejumlah even yang digelar di masing-masing negara ASEAN sepanjang 2015. Pada akhir tahun ini, penghargaan akan dipersembahkan untuk 40 orang dari wilayah ASEAN yang telah membuat kontribusi yang substansial maupun pribadi guna memperkuat kerja sama antara Selandia Baru dan ASEAN.

Sekitar 200 tamu dari Pemerintah Indonesia dan sektor swasta akan diundang untuk mencicipi kuliner kelas atas Selandia Baru dan menikmati pertunjukan budaya Maori pada acara "New Zealand-ASEAN 40th Anniversary Awards Ceremony" yang akan digelar di Jakarta, Selasa (8/9) mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement