Rabu 02 Sep 2015 13:26 WIB

Ribuan Imigran Serbu Yunani

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Imigran yang tiba di Yunani berasal dari Suriah, Irak dan Afghanistan.
Foto: ap
Imigran yang tiba di Yunani berasal dari Suriah, Irak dan Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Ribuan migran tiba di daratan Yunani setelah pemerintah mempersiapkan pembicaraan menangani banyaknya orang yang mencapai pantainya. Seluruh Uni Eropa sedang berjuang untuk berurusan dengan masuknya migran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Seperti diberitakan BBC News, Rabu (2/9), dua kapal yang mengangkut lebih dari 4.200 orang melakukan perjalanan ke pelabuhan Piraeus pada malam hari setelah meninggalkan pulau Lesbos, Yunani.

Badan pengawas perbatasan Uni Eropa, Frontex mengatakan pekan ini saja sebanyak 23 ribu migran tiba di Yunani, yang artinya meningkat 50 persen dari pekan sebelumnya. Lebih dari 160 ribu orang telah tiba di Yunani tahun ini dan telah melebihi jumlah imigran yang datang pada tahun lalu.

Pemerintah negara itu mengatakan pihaknya tidak memiliki sumber daya melihat banyaknya pendatang yang datang. Namun, kelompok-kelompok bantuan meminta pemerintah melakukan lebih.

Pada Selasa (1/9), Presiden Yunani Prokopis Pavlopoulos menyebut Presiden Prancis Francois Hollande dan meminta situasi yang dihadapi Yunani dibahas di tingkat senior Eropa.

Para anggota kabinet Yunani direncanakan mengadakan rapat pada Rabu malam. Banyak dari mereka tiba di Yunani melalui pulau Lesbos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement