Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Hari Ayah : Sosok Ayah Kini Lebih Beragam

Ahad 06 Sep 2015 18:59 WIB

Red: Maman Sudiaman

Pangeran George di pelukan ayahnya, Pangeran William.

Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, Chuck Cerrillo baru saja menjadi ayah, ini merupakan kali pertama dia merayakan Hari Ayah pasca kelahiran Zachary anak laki-lakinya yang lahir setengah bulan lalu.
 
“Ketika menikah, saya harus belajar berkompromi . Tapi situasinya banyak berubah ketika Anda memiliki bayi. Lebih dari sekedar kompromi, Anda harus berkorban,” kata Chuck.
 
“Hal pertama yang harus dikompromikan adalah kesempatan beristirahat yang cukup. Gerak kita menjadi lebih terbatas, kita hanya bisa berkendara dalam jarak dekat, meski jangkauannya meningkat signifikan,”
 
“Isteri saya, Kathy dan saya sudah mempersiapkan hal ini cukup lama, tapi rasanya Anda tidak akan pernah siap. Anda masih saja harus merasa terkejut sepanjang menjalani peran sebagai ayah,”
 
“Sebagai orang tua baru, kami mendapat semacam poinyter dari banyak orang – baik diminta atau tidak. Karena itu jadi sangat mudah terjebak dalam ketakutan mengenai banyak hal. Untungnya Kathy bekerja sebagai seorang perawat di RS anak dan hal itu membantu menyaring fakta dari mitos dan juga takhayul.
 
Kathy dan saya tumbuh besar di Philippina, dimana ada banyak sekali takhayul.  Sebagai orang yang pragmatis, saya tidak suka dibebani kepercayaan semacam itu, terutama jika  kepercayaan itu sangat konyol. Misalnya, mereka mengatakan Anda tidak boleh memotong rambut anak sebelum mencapai usia satu tahun, karena itu sama saja dengan memperpendek usia anak.
Saya membayangkan betapa terkaget-kagetnya kerabat saya jika mendapati saya berfoto dengan zach yang sudah dipotong rambutnya sebelum berumur satu tahun!
 
Namun menurut saya, tidak semua takhayul itu berbahaya.  Karena sebagian dari takhayul itu berasal dari pengalaman aktual bukan hanya sekedar tradisi saja. Jadi yang terpenting adalah memiliki sikap skeptis yang sehat dan berpendidikan. Dalam hal ini peran para dokter, bidan dan perawat sangat membantu.
 
Bagian terbaik menjadi orang tua adalah betapapun lelahnya saya dipenghujung hari, saya bisa selalu menemukan energi untuk bermain dengan Zach. Saya selalu menemukan hal baru mengenai dirinya setiap hari. Kelebihan lainnya adlalah ‘Zach’ merupakan alarm pagi yang sangat efektif , karena saya cenderung tidur dengan menyalakan alarm di hp.
 
Keseluruhan aspek menjadi seorang ayah terkadang masih tampak tidak nyata buat saya. Dan saya menantikan perayaan Hari Ayah. Mungkin saja Saya akan mendapatkan kue!

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-09-06/hari-ayah-sosok-ayah-kini-lebih-beragam/1489646
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA