Rabu 09 Sep 2015 14:08 WIB

Ambisi Cina Menjelajahi Sisi Gelap Bulan

Gerhana Bulan (Ilustrasi)
Foto: The Independent
Gerhana Bulan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina meningkatkan ambisinya dalam program luar angkasa. Beijing berencana untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi jauh bulan.

Zou Yongliao dari Ilmu Pengetahuan Akademi Cina mengatakan, misi the Chang'e 4 dijadwalkan akan berlangsung sebelum 2020.  Ia menjelaskan, tujuan dari studi itu adalah untuk mempelajari kondisi geologi bulan pada sisi jauh atau juga dikenal sisi gelap.

Dengan pendaratan itu, Cina juga akan menempatkan teleskop radio yang bisa digunakan astronom. Seperti dikutip New York Times, Rabu (9/9) radio transmisi di Bumi tidak mampu menjangkau sisi gelap bulan. Karena itu, lokasi tersebut menjadi sangat menarik dan instrumen penelitian yang sangat penting.

Misi ke bulan Cina dijadwalkan akan dilakukan pada 2017. Mereka akan mendaratkan pesawat tanpa awak sebelum kembali ke bumi. Jika berhasil, Cina akan menjadi negara ketiga setelah Rusia dan AS yang bisa melakukan manuver seperti itu.

Cina pertama kali mengirim astronot ke luar angkasa pada 2003. Mereka melakukan beragam penelitian termasuk penempatan stasiun luar angkasa.

sumber : New York Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement