Ahad 13 Sep 2015 04:41 WIB

Dua Gunung di Meksiko Alami Erupsi

Rep: c34/ Red: Dwi Murdaningsih
Bankai Sapi korban erupsi Gunung Merapi
Bankai Sapi korban erupsi Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Dua gunung berapi di Meksiko erupsi pada Sabtu (12/9). Dua gunung itu memuntahkan abu dan asap ke daerah-daerah di sekitarnya. Gunung Colima, yang terletak di negara bagian Colima, menembakkan abu 2.000 meter ke udara. Desa-desa terdekat dari gunung tampak bersalut tumpukan debu vulkanik.

Dilansir dari telesurtv, Gunung Colima telah menunjukkan tanda-tanda peningkatan aktivitas sejak 10 Juli 2015, ketika terakhir meletus. Gunung dengan ketinggian 3.839 meter itu merupakan jajaran pegunungan Trans-Mexican Volcanic Belt.

Gunung berapi lain, Popocatepetl, yang terletak di Puebla, juga terus memuntahkan gas dan uap. Menurut pihak berwenang, erupsi gas dan uap sedikitnya terjadi sembilan kali dalam tiga hari terakhir.

Gunung yang dijuluki El Popo oleh penduduk setempat itu mulai bergemuruh sejak tahun 1994. Gunung ini tiba-tiba beraktivitas kembali setelah lima dekade diam. Pihak berwenang mengatakan, mereka terus memantau kedua gunung dan sudah memiliki prosedur darurat apabila aktivitas gunung menjadi lebih aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement